Begini kata Affiliate Marketer

Kalau anda berprofesi sebagai ‘penjual’ entah itu berupa produk atau jasa, pastinya supaya apa yang anda perjualbelikan bisa laku dipasar, anda perlu melakukan riset pasar. Setelah tau barang apa yang akan diperjualbelikan, seberapa tinggi kebutuhan akan barang dimarketnya, dan seberapa besar tingkat persaingannya, langkah selanjutnya anda akan melakukan promosi dengan berbagai metode promosi yang sudah anda siapkan.

Berjualan produk atau jasa di dunia nyata pada dasarnya sama dengan berjualan produk di dunia maya. Hanya saja lahan,  dan media berjualan di internet bisa di bilang ‘lebih’ menjanjikan. Dan modalnya pun bisa dibuat ‘seminim’ mungkin. Apa maksudnya???

1. menjual produk dan jasa orang lain (program affiliate)

Berjualan di internet memang bisa dengan cara kita memproduksi barang sendiri, memproduksi kemudian memasarkan di internet. Namun…di internet dengan mudah kita bisa menemukan barang dan jasa orang lain dan dengan mudah bisa membantu mereka berjualan produk mereka dengan tawaran komisi yang menjanjikan. Persyaratan untuk melakukannya tidak ribet dan cara seperti ini dikenal dengan istilah affiliate program. Jadi dengan menjual produk orang lain kita sudah tidak perlu bersusah payah dan mengeluarkan modal untuk memproduksi barang.

2. tidak perlu bertatap muka dengan calon pembeli

Berjualan produk di internet menjadikan penjual dan pembeli tidak saling bertatap muka. Sehingga anda tidak perlu menyewa tempat di pasar atau membeli lahan untuk tempat berjualan. Istilah pasar sebagai tempat bertemu antara penjual dan pembeli dalam perdagangan konvensional jadi hilang :D

3. promosi yang sifatnya global (menjangkau seluruh negara didunia)

Untuk melakukan promosi produk tersebut, kita bisa membuat website yang menarik dan mempopulerkan website di belantara maya. Kalau anda adalah seorang master SEO (Search Engine Optimazion), akan menjadi keuntungan yang lebih karena teknik promosi website menggunakan SEO adalah teknik promosi yang gratis dan bisa mendatangkan ribuan pengunjung web.

Atau bahkan dengan sedikit modal untuk beriklan dibeberapa media iklan seperti google, yahoo, adbrite dan lain sebagainya, kita bisa secara spesifik menjangkau kawasan tertentu(diseluruh dunia) yang pada saat tertentu, kebutuhan masyarakat dengan produk yang kita jual sangat tinggi. Contohnya kita menjual produk games XBOX 360, dan produk tersebut saat ini sedang sangat laris di New York, USA. Maka kita bisa mempromosikan website kita melalui media periklanan, dimana iklan produk kita hanya akan dimunculkan di New York, sehingga kita bisa menjangkau pasar yang bagus tanpa harus datang ke New York yang jauh.

Itulah sedikit tentang ‘berjualan di internet’. Di internet memang banyak sekali produk dan lahan yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan (make money online). Dan anda bisa memulainya dari sekarang dengan menjadi seorang affiliate marketer.

About Oka Mahendra

Menyukai bisnis online sejak 2007...latar belakang pendidikan IT di STM Telkom Purwokerto dan Kampus Ungu Yogyakarta.
This entry was posted in Bisnis Online and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Begini kata Affiliate Marketer

  1. hadi says:

    bagus banget artikelnya, minta no hpnya donk mas Oka, saya Hadi adik kelas sampeyan di SMP 2 Taman, Pemalang, Sekarang saya kerja di Jakarta. Saya sudah membuat blog, coba deh kunjungi blog saya di http://konsultasimotor.blogspot.com
    Saya pengen banyak belajar dari mas Oka tentang cara cari duit di internet hehehe

  2. Pingback: via Iklan Cost per Click MIVA kita berjualan | Oka Mahendra

Leave a Reply