Mempopulerkan Blog di Belantara Maya

Menurut catatan statistik (lupa sumbernya :p) setiap harinya ada jutaan blog baru lahir di dunia maya yang sedang kita jelajahi ini. Ada blog yang lahir menggunakan media domain berbayar (self hosted), adapula yang menggunakan berbagai layanan gratisan semacam wordpress, blogspot, dll lagi saya lupa, soalnya yang populer buat saya itu :d

Saking banyaknya blog yang ada, bisa jadi blog yang kita miliki yang menjadi salah satu dari milyaran bahkan trilyunan tidak akan pernah bisa kelihatan atau nongol di search engine seperti google, yahoo, msn, altavista, dll. Itu berarti apa yang kita tulis, apa yang ingin kita sharing, apa yang ingin kita perlihatkan tidak akan pernah bisa dilihat, dan dibaca, padahal kita sudah capai-capai menulisnya. Apalagi bila ternyata blog yang kita buat punya misi untuk berbisnis seperti berjualan online, viral marketing, dan bisnis online lainnya. Oleh karena itu, Campaign Your Existing Blog, online maupun offline.
Berbagai macam cara bisa dilakukan, melakukan promosi secara nyata sama seperti seorang marketing yang sedang memasarkan produknya bisa kita lakukan. Model promosi seperti ini mungkin kita semua sudah mengerti dan bisa melakukannya. Salah satunya seperti gambar di bawah ini:

Mempromosikan Blog di Belantara Maya

Sedangkan untuk melakukan promosi secara online. Kita menyebutnya dengan teknik SEO (Search Engine Optimization), yang berfungsi untuk menghasilkan SERP(Search Engine Result Page) blog yang tinggi. Artinya blog yang kita miliki dianggap sebagai blog yang penting dan berada di halaman depan hasil pencarian di mesin pencari. Teknik SEO ini bisa mendatangkan trafik unik visitors yang lumayan ke halaman blog yang kita miliki.

Berbagai macam teknik SEO ini diajarkan di blog-blog SEO seperti seokita, dll. Beberapa diantara yang bisa kita lakukan adalah dengan mendaftarkan URL blog yang kita miliki di berbagai search engine, memberikan postingan yang orisinil dan berkualitas, menembakan keyword dan description blog dengan keyword yang tepat, melakukan blogwalking (menjelajahi blog) dan meninggalkan link dibagian komentar yang berlabel Do-Follow, bertukar link (link exchange), mendaftarkan blog di social bookmarking dan di blog directory, sampai dengan memberikan optimasi kode program yang SEO friendly.

Untuk mendaftarkan URL blog, kita bisa memanfaatkan banyak media, salah satu di Mypagerank, disana satu kali kita mendaftarkan URL, maka akan langsung dimasukan ke dalam banyak search engine. Selanjutnya jika kita memberikan komentar di blog yang berlabel Do-Follow maka komentar yang kita berikan akan ikut diindex oleh search engine, sebaliknya jika kita berkomentar di blog berlabel No-Follow. Dan yang tidak kalah pentingnya, terus memberikan artikel yang baik dan berkualitas untuk blog yang kita miliki. Karena semakin banyak artikel yang kita miliki, blog kita akan semakin dikenali oleh mesin pencari.

Dengan menerapkan teknik untuk mempopulerkan blog yang baik, maka trafik ke blog kita akan menunjukan peningkatan unik visitors yang signifikan. Itu berarti artikel kita akan bisa dimanfaatkan, ditanggapi, dan tidak menjadi sampah maya. Dan untuk blog yang berorientasi bisnis, trafik tinggi akan berbanding lurus dengan pendapatan.

Happy Blogging đŸ˜›

About Oka Mahendra

Menyukai bisnis online sejak 2007...latar belakang pendidikan IT di STM Telkom Purwokerto dan Kampus Ungu Yogyakarta.
This entry was posted in SEO and tagged , , . Bookmark the permalink.