Persiapan Upgrade Mesin WordPress

Melihat versi WordPress yang kita gunakan

Melihat versi WordPress yang kita gunakan

Sebenarnya untuk melakukan upgrade wordpress bukanlah pekerjaan yang terlalu sulit, cielah hehe. Permasalahannya adalah apabila cara otomatis atau manual yang dipilih untuk melakukan upgrade mesin wordpress yang kita lakukan itu gagal, mungkin karena tiba2 koneksi internet kita putus atau terjadi file yang korup. Bisa2 karena kegagalan proses upgrade yang sebenarnya mudah itu, jadi banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memperbaiki mesin wordpress kita.

Ini pernah terjadi pada saya beberapa tahun yang lalu ketika masih belum familiar dengan wordpress. Karena kegagalan update wordpress itu, saya harus mengulangi bloging dari awal. Memposting artikel dari awal karena walaupun database sudah saya backup ternyata prosedure back up nya kurang lengkap jadi database yang saya export tidak bisa saya dumping dengan sempurna, jika kita mahir database dengan sedikit utak-utik mungkin beres namun jika tidak mahir kaya saya. Ya wassalam…

Untuk melakukan upgrade wordpress, sebaiknya lakukan back up data terlebih dahulu:

1. back up seluruh folder blog yang akan diupgrade.

Untuk melakukan back up seluruh folder blog bisa dilakukan melalui FTP. Gunakanlah software FTP Client yang mudah, jika belum ada bisa download melalui link download FTP.

2.back database wordpress

Untuk back up database blog, bisa menggunakan phpmyadmin yang ada di cpanel. Berikut langkah mudah back up database blog wordpres.

Baru setelah itu lakukan upgrade wordpress, baik melalui cara manual ataupun otomatis.

About Oka Mahendra

Menyukai bisnis online sejak 2007...latar belakang pendidikan IT di STM Telkom Purwokerto dan Kampus Ungu Yogyakarta.
This entry was posted in Wordpress and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Persiapan Upgrade Mesin WordPress

  1. Pingback: Langkah Mudah Back Up Database via PHPMyAdmin | Oka Mahendra - mendukung Seminar Jakarta Indonesia 2011

Leave a Reply