Suka dan duka menggunakan VPS

Suka dan duka menggunakan VPS

Suka dan duka menggunakan VPS

Alkisah, sudah satu bulan ini saya mencoba menggunakan VPS (Virtual Private Server). Awalnya dikarenakan saya mendapatkan teguran suspend temporer dari share hosting yang saya sewa di hawkhost.comAkhirnya saya memikirkan untuk beralih ke VPS, dimana dengan VPS saya bisa lebih leluasa dengan resource dan memori server. Akhirnya saya memilih Xen VPS dari Burst.net, selama trial satu bulan ini, saya belum merasa performansi dari burst.net jelek. Harganya yang murah juga menjadikan burst.net cukup baik untuk pemula yang ingin terjun di VPS :D

Xen VPS didukung Swap Memory yang membuat kinerja lebih baik dibandingkan OpenVZ VPS yang disupport Brust RAM

Karena masih pemula sekali dalam dunia VPS, ternyata VPS bikin pusing hehe. Apalagi VPS yang saya sewa ini VPS unmanaged. Yang artinya saya harus melakukan setup server dari awal. OS Linux yang terinstall masih belum ready sebagai webserver. Sebenarnya ini sangat tidak cocok dengan saya yang tidak mau ribet harus setting ini dan itu, bahkan untuk ready sebagai hosting dengan dukungan yang baik untuk blog/website saya layaknya share hosting dari hawkhost, sampai detik ini masih belum bisa. Harus “tambal sulam”, sebelum nantinya semua blog saya, saya pindah ke VPS.

Ada beberapa aplikasi yang belum bisa berjalan dengan baik di VPS, bukan karena VPSnya yang jelek, tetapi karena settingannya yang belum lengkap

Dibalik kesulitan tersebut, ada banyak hal yang baru saya dapat di dunia VPS ini. Dan seperti saya akan teruskan menggunakan VPS dengan niat sambil belajar dan belajar lagi.

Beberapa tindakan yang sudah saya lakukan di VPS dari awal :

1. Instalasi Virtualmin Cpanel

2. Instalasi Webserver Apache

3. Instalasi PHP

4. Instalasi MySql

5. Instalas PhpMyadmin

Step – step diatas adalah tindakan dasar yang harus saya lakukan supaya VPS saya bisa me-load blog yang saya miliki, sedangkan beberapa tindakan pendukung yang diperlukan untuk melengkapi perform VPS antara lain:

6. Instalasi Htop

7. Instalasi IonCube PHP Loader

Saya akan update perkembangan VPS saya di blog ini sebagai catatan saya agar bisa membangun VPS yang baik. Matursuwun sudah mampir ke blog pemula ini….salam sukses.

About Oka Mahendra

Menyukai bisnis online sejak 2007...latar belakang pendidikan IT di STM Telkom Purwokerto dan Kampus Ungu Yogyakarta.
This entry was posted in Hosting & Domain and tagged , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Suka dan duka menggunakan VPS

  1. AdtzCyber says:

    Untuk penyedia layanan VPS gratis yg berkualitas di mana ya mas ? ehehe

  2. Mas Eko says:

    Salam kenal mas… klo berkenan ditulis tutorial.. cara install masing2 mas 1. Instalasi Virtualmin Cpanel

    2. Instalasi Webserver Apache

    3. Instalasi PHP

    4. Instalasi MySql

    5. Instalas PhpMyadmin

    Soalnya saya newby bener mas belum tahu VPS, tapi pingin menggunakan VPS, rencananya ntr mau beli VPS yang lg promo buat belajar..

Leave a Reply