Mengetahui Blog Dofollow Atau Nofollow Dengan Quirk SearchStatus

Bagaimana cara mengetahui sebuah blog memiliki kolom komentar Dofollow atau Nofollow?
Bagi pengguna internet biasa bukanlah hal penting untuk mengetahui apakah kolom komentar pada sebuah blog memiliki status dofollow atau nofollow. Tapi bagi pemilik blog atau biasa disebut blogger hal ini sangatlah penting, karena dengan berkomentar di blog lain yang berstatus dofollow, akan memberikan backlink bagi blog mereka. Di dalam ilmu SEO, backlink adalah unsur terpenting bagi sebuah website atau blog untuk mendapatkan posisi di search engine atau bisa disebut SERP.
Tapi kali ini saya tidak akan membahas masalah backlink ini.

Kembali lagi ke kolom komentar yang berstatus dofollow atau nofolow.
Banyak cara untuk mengetahui kolom komentar di sebuah blog berstatus dofollow atau nofollow.
Salah satunya adalah dengan menggunakan mouse Anda. Caranya, tunjuk (pointing) link yang anda ingin ketahui statusnya, lalu klik kanan pada mouse anda, pilih “Properties” dan klik kiri mouse Anda Maka akan muncul jendela “Element Properties”. Biasanya ada 3 keterangan yang ada di jendela tersebut:
1. Address:, menunjukkan alamat kemana link tersebut menuju.
2. Will open in:, menunjukkan dengan jalan apa link tersebut akan terbuka. Apakah di jendela yang sama ataukah di jendela baru.
3. Relation:, Nah, ini yang menunjukkan status dari link komentar yang ada di blog ini, apakah dofollow ataukah nofollow. Jika nofollow maka akan tertulis “nofollow” atau “External”. Tapi jika dofollow, maka keterangan “Relation” ini tidak akan muncul. Ini yang biasanya dicari-cari blogger.

Read more

Mendapatkan Traffic Dengan Web Direktori

Penulis : Mas Yitno

Jika Anda bertanya apa tujuan webmaster untuk situs web mereka, aku berharap bahwa Anda akan menemukan bahwa banyak dari mereka yang ingin meningkatkan jumlah pengunjung yang diperoleh situs web mereka. Ada alasan sederhana ini – secara umum, semakin banyak pengunjung ( “traffic”) yang diperoleh situs web, semakin banyak penghasilan kita. Tentu saja, untuk hanya meletakkan sebuah situs web dan berharap untuk traffic adalah tidak mungkin untuk menghasilkan hasil – jika Anda ingin traffic Anda harus bekerja untuk itu, dengan secara aktif mempromosikan situs web Anda.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan situs web, tetapi saya menyarankan bahwa suatu bagian penting dari upaya promosi Anda harus pergi ke dalam kegiatan-kegiatan yang akan meningkatkan jumlah link masuk ( “backlink”) ke situs web Anda. Ini untuk dua alasan:

Read more

Mendapatkan PageRank Dengan Metode Link Satu Arah

Penulis : Erwinsyah

Sebagai newbie saya menyadari sepenuhnya bahwa metode-metode yang ada untuk mendapatkan pagerank tidaklah 100% pasti, melainkan hanya perkiraan-perkiraan saja. Namun, dari beberapa metode yang saya baca dari berbagai artikel di situs atau blog para webmaster, saya tertarik untuk mencoba salah satu teknik yaitu link satu arah (one way link), yang disebutkan cukup efektif dan aman menurut Google Guidelines.

Link satu arah adalah metode link building tanpa reciprocal link (link timbal-balik-biasa kita sebut juga exchange link), dimana link didapatkan tanpa harus ada link keluar. Bahasa yang lebih sederhana, kumpulkan inbound link sebanyak-banyaknya dengan meminimalisir link yang keluar.

Read more

Langkah Optimasi Blog dan Tips SEO

Penulis : Nunung Annas Azhari

Bagi anda para blogger dan pebisnis online, pasti tidak asing bila mendengar kata SEO. Blogger selalu berlomba untuk mencari informasi dan berburu e-book tentang bagaimana dan apa sih SEO. Bahkan banyak forum online yang menawarkan belajar bersama optimasi blog dengan SEO, diantaranya adalah CafeBisnis dimana menawarkan belajar SEO wordpress.

SEO selalu diburu oleh blogger dan pebisnis online karena dengan SEO yang bagus diharapkan blog kita akan menduduki peringkat pertama di search engine dengan keyword yang kita inginkan atau keyword mahal yang diburu para pendatang internet.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang SEO, kita harus mengetahui ada berapa macam SEO itu sendiri. SEO di bagi menjadi 2 yaitu onpage SEO dan offpage SEO. Yang dimaksud dengan onpage SEO adalah optimasi SEO yang dilakukan dengan memodifikasi script/html code dari blog kita. Lalu offpage SEO diartikan sebagai kegiatan optimasi SEO blog yang dilakukan diluar dari memodifikasi blog itu sendiri.

Read more

Setting Permalink WordPress yang SEO Friendly

Catatan ini saya tulis untuk dokumentasi saya saja karena saya sering kelupaan (mengingatkan-red) format penulisan permalink wordpres :D. Jika temen2 ada yang menggunakan blog berCMS wordpres silakan bisa menggunakan format permalink dibawah ini. Ada dua tipe permalink wordpress yang menurut saya SEO friendly, yaitu:

/%postname%.html

Format diatas membuat url lebih simpel dan langsung tertuju ke judul artikelnya. Dalam hal ini, tetap judul artikel harus dibuat sebaik mungkin yang bisa mendeskripsikan isi artikelnya, format ini menurut saya lebih baik untuk menembakan keyword di suatu artikel. Permalink ini yang saya gunakan di blog baru ini sekarang.

/%category%/%postname%.html

Format ini yang saya amati, digunakan oleh beberapa master SEO yang sering juara Kontes SEO, seperti master SEO Imfreakz. Saya sendiri belum tau alasan teknis nya 😛 silakan berusaha tanya ilmunya ke Mas Imfreakz. Format permalink ini pernah saya gunakan juga di blog saya.

Read more

Error 404 – Not Found

Adanya broken link di dalam sebuah blog merupakan hal biasa. Tapi jika broken link ini tidak disiasati dengan bijak 😀 akan mendatangkan kerugian yg besar bagi sebuah blog. Blog yang memiliki banyak broken link menjadi tidak disenangi oleh search engine dan akhirnya ujung-ujung bisa menghilangkan trafik.  Sebenarnya apa sih broken link itu, secara terjemahan mungkin sudah bisa dipahami, broken link itu link yang putus atau mati. Broken link ini bisa disebabkan karena link yang dituju ini sudah tidak eksis lagi atau sudah diubah urlnya.

Broken link ini bisa disiasati dengan beberapa macam cara, salah satunya dengan memanfaatkan pelayanan dari errorlytics. Disana kita bisa memanfaatkan pelayananannya untuk mengetahui halaman-halaman rusak (broken link) dan melakukan redirect ke halaman baru yang sesuai. sehingga user tidak akan menuju halaman yang salah lagi. Namun layanan ini berbayar 😛

Read more

Mempopulerkan Blog di Belantara Maya

Menurut catatan statistik (lupa sumbernya :p) setiap harinya ada jutaan blog baru lahir di dunia maya yang sedang kita jelajahi ini. Ada blog yang lahir menggunakan media domain berbayar (self hosted), adapula yang menggunakan berbagai layanan gratisan semacam wordpress, blogspot, dll lagi saya lupa, soalnya yang populer buat saya itu :d

Saking banyaknya blog yang ada, bisa jadi blog yang kita miliki yang menjadi salah satu dari milyaran bahkan trilyunan tidak akan pernah bisa kelihatan atau nongol di search engine seperti google, yahoo, msn, altavista, dll. Itu berarti apa yang kita tulis, apa yang ingin kita sharing, apa yang ingin kita perlihatkan tidak akan pernah bisa dilihat, dan dibaca, padahal kita sudah capai-capai menulisnya. Apalagi bila ternyata blog yang kita buat punya misi untuk berbisnis seperti berjualan online, viral marketing, dan bisnis online lainnya. Oleh karena itu, Campaign Your Existing Blog, online maupun offline.

Read more