Go Online: Domain & Hosting Provider Terbaik Untuk Bisnis Online

Anda pemula di dunia bisnis online? ingin mengembangkan usaha Anda dan mulai berpromosi online menggunakan website? Cape promosi manual di media sosial (facebook, instagram, dll)?

Ya, Anda perlu setidaknya membaca tulisan saya ini sampe selesai, hehe. Bisnis online memiliki banyak jenis dan banyak tools pendukung yang akan bisa membuat pekerjaan menjadi lebih efisien namun hasil maksimal.

Namun untuk terjun disana, Anda yang belum memiliki pengetahun mengenai website perlu mulai mempelajarinya. Bagi pemilik modal besar, step ini bisa di oursource sehingga sistem cepat berjalan dan tinggal fokus pada marketing online. Namun untuk Anda yang masih belum siap dengan modal besar, mau tidak mau Anda perlu step by step.

Apakah sulit untuk membuat website yang siap untuk jualan online?

TIDAK. Saat ini ada platform wordpress yang bisa digunakan untuk membantu Anda membuat website toko online yang memiliki tampilan tidak kalah dengan website profesional.

Langsung aja ya….saya langsung pada apa saja yang diperlukan untuk memulai go online.

1. Beli domain

Anda harus membeli domain, supaya website Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli, website harus dibangun sebagus mungkin dan tidak menggunakan domain gratisan seperti blogspot atau wordpress. Jika Anda serius dengan bisnis online Anda, Anda perlu berani loncat dan beli domain top level domain (.tld) bisa .com, .store, .id dan lainnya. Domain .com jauh lebih populer dan harga lebih murah, untuk tahun pertama biasanya berkisar antara 30rb – 100rb, itu jika Anda beli di provider domain ternama seperti Namecheap.com atau Godaddy.com.

Domain ini Anda menggunakan sistem sewa minimal per tahun, jadi akan ada cost untuk memperpanjang domain ditahun berikutnya. Berikut adalah domain provider yang layak dipertimbangkan:

  1. Godaddy, harga tahun pertama biasanya sekitar 30-50rb, klik disini untuk lihat/order penawaran domain dari Godaddy.
  2. Namecheap, harga tahun pertama sekitar 50-110rb, klik disini untuk melihat penawaran domain dari Namecheap.
  3. 1 and 1 domain provider, 1and1 juga merupakan salah satu provider domain service yang biasa saya pake, klik disini untuk menuju official 1and1.

—> Rekomendasi saya membeli domain tahun pertama di Godaddy.com, apabila tahun kedua akan diperpanjang dan dirasakan biaya perpanjangan terlalu mahal, Anda bisa transfer domain ke Namecheap.

2. Beli Hosting

Selanjutnya yaitu membeli hosting. Hosting ini diperlukan sebagai tempat untuk menyimpan semua file website Anda, tanpa hosting domain yang sudah Anda sewa tidak bisa berjalan. Rekomendasi hosting terbaik yang cukup bersahabat menurut saya saat ini adalah; Hostgator.com

Kelebihan hostgator selain servernya cukup handal untuk bisnis online, paket di hostgator akan jauh lebih murah apabila Anda berlangganan langsung selama 3 tahun sekaligus. Harga normal paket paling murah kurang lebih 10 USD per bulan, namun jika berlangganan langsung 3 tahun harga per bulannya menjadi 3.9USD. Dan total biaya untuk membeli hosting di Hostgator selama 3 tahun sekaligus kurang lebih $143.28 apabila menggunakan kupon SPRING2017.

Untuk pemula Anda bisa memilih paket Baby Plan untuk unlimited, untuk memilih paket Baby Plan hostgator silakan klik disini!

Saya merekomendasikan menggunakan Hostgator jika Anda memiliki modal cukup karena dengan membeli langsung selama 3 tahun, Anda tidak akan dipusingkan dengan biaya perpanjangan tahunan yang lebih mahal, atau dipusingkan dengan migrasi hosting apabila ditahun berikutnya Anda berencana pindah hosting. Setidaknya, bisnis online akan berjalan lancar masalah hosting selama 3 tahun pertama. Biasanya jika bisnis Anda lebih maju, internet marketer biasanya beralih menggunakan dedicated server yang bisa menghadle request website yang lebih besar lagi. Dengan kata lain, di awal mulai memulai bisnis online paket hosting Baby Plan hostgator sudah sangat memadai.

Nah, di step ini Anda sudah memiliki fasilitas wajib yang harus dimiliki untuk memulai go online, yaitu domain & hosting.

Selanjutnya, Anda akan melangkah 1 step lagi yaitu instalasi platform wordpress beserta pendukungnya. Dipembahasan berikutnya saya akan uraikan lebih lanjut…stay tune :)

Sebelum itu, persiapkan data-data dan gambar yang nantinya akan dimasukan sebagai konten dari website Anda.

Oiya, pusing bagaimana cara bayar hosting di hostgator? Di hostgator ada 2 jenis metode pembayaran yaitu dengan PayPal atau Kartu Kredit, jika belum punya PayPal dan tidak ada kartu kredit, Anda bisa gunakan VCN BNI, CIMB Octopay, atau eCard dari Jenis BTPN, coba Anda baca artikel saya berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut mengeni metode pembayaran online yang aman!

 

About Oka Mahendra

Menyukai bisnis online sejak 2007...latar belakang pendidikan IT di STM Telkom Purwokerto dan Kampus Ungu Yogyakarta.
This entry was posted in Bisnis Online and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply