Ga punya Kartu Kredit? Ga perlu pusing nyari VCC lagi…

Ga punya Kartu Kredit? Ga perlu pusing nyari VCCTulisan kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang Virtual Credit Card atau yang populer disebut VCC. Karena saya sering sekali membaca di forum, group facebook dan sering dapat PM juga dari teman-teman yang menanyakan dimana tempat beli VCC (Virtual Credit Card) yang murah. Kebanyakan dari mereka nyari VCC mau digunakan untuk verifikasi PayPal, ada juga yang mau beli domain di godaddy, ada yang mau daftar di Google Developer dll macam-macam pokoknya intinya karena mereka tidak memiliki kartu kredit, sehingga mencari alternatif dengan VCC.

Kartu Kredit saat ini memang dirasa penting sekali apalagi jika Anda seorang pebisnis online atau seorang online shopper. Kartu kredit akan sangat memudahkan Anda sebagai alat transaksi online di toko online luar, atau hanya sekedar sebagai funding resource di PayPal. Namun sayangnya, tidak mudah untuk berhasil dalam pengajuan kartu kredit ke Bank. Karena kesulitan ini, berkembanglah VCC (Virtual Credit Card).

Dulu saya memiliki akun PayPal tahun 2006, baru satu tahun kemudian akun PayPal tersebut baru akan saya verifikasi. Saya belum memiliki kartu kredit saat itu karena masih berstatus sebagai Mahasiswa, mau pinjam orang tua, eh sayangnya orang tua saya ga punya kartu kredit (saya pernah nanya kenapa ga bikin kartu kredit? dijawab, kartu kredit itu berbahaya karena bisa bikin orang terbelit utang :D).

Setelah browsing sana sini saya menemukan cara verifikasi PayPal dengan VCC, tanpa ba bi bu saya cari seller VCC yang rekomended, kalau tidak salah ingat dulu saya beli VCC di vccmurah.com kepunyaan mba Palupi. Sampai sekarang PayPal yang saya verifikasi dengan VCC itu tidak pernah bermasalah. Saya baru tambahkan kartu kredit di PayPal tersebut setelah saya memiliki kartu kredit sekitar pertengahan 2010.

VCC kala itu memang sangat membantu, sampai sekarang-pun, dalam kondisi tertentu VCC bisa diperlukan, tapi menurut saya lebih karena faktor keamanan. Limit VCC yang sangat terbatas akan memberikan tingkat keamanan yang lebih pada saat Anda bertransaksi online, mengingat kejahatan carder masih sering terjadi.

Berarti lebih baik kalau bertransaksi online mending pake VCC? Menurut saya, tergantung kondisi, dimana Anda bertransaksi. Yang bikin males menggunakan VCC adalah apabila kita generate VCC sendiri, ada biayanya. Apalagi kalau beli, jatuhnya akan lebih mahal lagi.

Lalu?

Setiap orang memiliki kekhawatiran sendiri-sendiri, saya pun selalu berusaha hati-hati dalam menggunakan kartu kredit. Saya hanya gunakan kartu kredit untuk transaksi di merchant luar yang kredibel, dan menghindari transaksi disitus yang tidak memiliki regulasi jelas. Karena perlu diingat, sekali Anda bertransaksi menggunakan kartu kredit di suatu website, data kartu kredit Anda akan terekam, akan sangat memungkinkan terjadi kejahatan kartu kredit apabila Anda bertransaksi di website yang tidak teregulasi oleh instansi pemerintah. Kalaupun harus, VCC bisa menjadi salah satu pilihan yang aman.

Gimana cara mudah mempunyai VCC?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, mungkin Anda juga perlu mengajukan kartu kredit ke bank Anda terlebih dahulu. Sehingga Anda tidak selalu memikirkan butuh VCC nih, pada saat yang urgent. Mengajukan kartu kredit bagi yang pertama kali mengajukan, untuk kebanyakan orang memang menjadi hal yang cukup sulit, karena harus lolos dari analis kartu kredit. Bagi yang karyawan bergaji besar, ini bukan masalah. Namun untuk karyawan bergaji pas-pasan, kadang mereka sampai mencaci maki pihak banknya, yang lama verifikasilah, yang inilah yang itulah, tapi ujung-ujungnya di reject 😛

Kalau Anda yakin dengan kemampuan finansial Anda, Anda bisa datang langsung ke bank Anda untuk pengajuan kartu kredit, syaratnya, siapkan saja slip gaji asli Anda, bawa NPWP kalau ada, KTP, Buku Tabungan, ATM. Kalau Anda kurang yakin, Anda bisa minta bantuan lewat marketing kartu kredit di group facebook di bawah ini:

https://www.facebook.com/groups/kartukreditmania/

atau

https://www.facebook.com/groups/konsul.kartu.kredit/

untuk tambahan pengetahuan Anda tentang kartu kredit, bisa download ebook Mafia Kartu Kredit.

Masih Belum Tembus Juga bisa Punya Kartu Kredit?

Mungkin belum rejeki Anda, Anda bisa mengajukan lagi 6  bulan setelah pengajuan Anda ditolak, infonya si tunggu 6 bulan baru bisa mengajukan kembali.

Ga perlu Pusinglah, jaman sudah canggih ada kok alternatif pengganti kartu kredit yang bisa difungsikan sama dengan kartu kredit.

Sebelumnya kita sudah mengenal BNI VCN (Virtual Card Number). Namun karena kendala VCN BNI ini hanya memiliki waktu expired dalam hitungan menit setelah Anda buat, dan kurang ditunjang statement yang jelas membuat beberapa merchant menolak menggunakan VCN untuk bertransaksi.

Alternatif yang paling rekomended saat ini menurut saya adalah Kartu Debit Neteller.

Anda ga perlu lagi nyari cara bikin VCC, karena Neteller selain menyediakan Kartu Plastic Neteller, juga menyediakan fasilitas generate VCC. Tapi dengan memiliki Kartu Debit Netellernya saja, Anda ga perlu deh generate VCC, Anda tinggal menggunakan kartu Netellernya saja untuk bertransaksi online, Anda bayangkan saja, Neteller sebagai kartu kredit Anda, karena fungsinya memang sebagai kartu kredit.

Official website Neteller www.neteller.com

Anda juga ga perlu beli panduan atau sejenisnya cara generate VCC, yang saya lihat beberapa panduan tentang VCC diberbagai website harganya mahal. Dengan Neteller, Anda bisa belanja online di semua merchant berlogo Mastercard, bisa verifikasi PayPal, bisa beriklan di facebook, bisa daftar Google Developer, beli domain di Godaddy, belanja di Matahari, dll asal pemakaian Neteller Anda harus pastikan memiliki saldo Neteller yang cukup. Kalau sering Declined karena saldo kurang, Neteller bisa marah dan akun Netellernya di suspen permanent. Mudah kok, asal Anda tidak neko-neko, Neteller aman-aman saja digunakan.

Beberapa Merchant, seperti Google Developer ketika melakukan verifikasi pembayaran Anda dengan Neteller, Google akan mengetahui tipe kartu Anda adalah Neteller dan biasanya akan minta Anda untuk mengirimkan dokumen berupa:

  1. ID KTP/SIM

  2. Utility Bill, untuk Utility Bill, Anda bisa menggunakan statement kartu kredit jika ada, rekening listrik/air, atau bisa juga buku tabungan yang HARUS mencantumkan NAMA & ALAMAT Anda yang sama dengan ID KTP/SIM Anda. Fungsi Dokumen ini adalah sebagai verifikasi address saja, untuk memastikan alamat dan nama Anda persis sama dengan  ID Anda, jadi mau menggunakan buku tabungan juga bisa, biasanya buku tabungan yang mencantuman Nama & Alamat adalah buku tabungan dari bank Mandiri atau BRI sepengetahuan saya.

Bagi Anda yang sudah terbiasa transaksi dengan kartu kredit yang Anda miliki, apabila diperlukan dokumen tersebut diatas, biasanya tidak akan bingung karena Anda tinggal upload ID dan statement kartu kredit Anda beres, namun bagi yang belum memiliki kartu kredit seringkali dipusingkan untung dokumen utility bill, namun semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda.

Ga perlu bingung deh ga punya kartu kredit, dan ga perlu nyari-nyari VCC lagi…..

LATE UPDATE: Sayangnya saat ini Neteller sudah tidak support kartu debit untuk user di Indonesia, saya kurang tau apa penyebabnya. Namun, solusi tidak memiliki kartu kredit tetap aman terkendali hehe…saya update di artikel berikut; http://www.okamahendra.com/solusi-metode-pembayaran-online-aman.html

About Oka Mahendra

Menyukai bisnis online sejak 2007...latar belakang pendidikan IT di STM Telkom Purwokerto dan Kampus Ungu Yogyakarta.
This entry was posted in Payment Processor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Ga punya Kartu Kredit? Ga perlu pusing nyari VCC lagi…

  1. mujib says:

    apakah Kartu Debit Neteller sama seperti payoneer?.apakah bisa transfer dana dari bank lokal ke neteller?

    • Oka Mahendra says:

      fungsi kartu debitnya sama @mujib
      Neteller menyediakan funding source dari Bank Wire atau transfer dana. alangkah baiknya daftar sja dan bisa lihat dan pastikan, mumpung daftarnya gratis kok

  2. Afif says:

    Isi saldo Entropay ato Neteller bisa pakai VC BNI gak mas? Apakah klo daftar Google Developer pakai Entropay, Google tidak meminta dokumen tambahan?
    Terima kasih jawabannya Mas

  3. aritunsa says:

    buat fb ads lebih baik pake paypal yang diverifikasi neteller atau pake kartu netellernya langsung mas?

  4. Anwar Mujadin says:

    Neteller, payoneer, VCC, maupun VCN BNI sudah ditolak oleh paypall bro, jangan coba2 nipu..

    • Oka Mahendra says:

      Ente siapa gan, mampir blog orang yang sopan dong, punya etika berinternet kan? ente kalau punya pengalaman, share dong biar banyak yang terbantu bukan koar koar ga jelas, kya orang bego aja hahaha
      Komentar Ane:
      – Kalau VCC, saran ane ga perlu deh nyari VCC…ane udah lama ga nyari VCC.
      – VCN BNI, ane sering bilang di komen, ane belum pernah verifikasi paypal sama VCN BNI, titik, kalau agan pernah share dong..jangan ngomong doang ga ada bukti hahah
      – kalau Neteller dan Payoneer, ane juga ga ngerti kalau sekarang sekarang ga bisa buat verifikasi atau masih bisa, kalau ente punya Neteller/Payoneer tolong dong buat verifikasi dulu jika gagal please share dong hahah
      – Yang jelas Payoneer dan Neteller ane masih nangkring dengan gagah di akun 2 paypal ane, ini capture pembayaran pake Paypal yang funding resourcenya dari Neteller
      buat bayar domain di rumahweb

      Kesimpulan: Neteller ga ditolak di PayPal ane tuh gan, hahaha kalau di tolak pasti debit card nya juga di tendang, itu valid transaksi kurang jelas apa lagi coba, paling ente make Neteller buat funding resource di PayPal tapi Netellernya kurang saldonya malah kali aja ga terverifikasi ya jelas di tolak lah….

      Ente ini aneh, emang kalau ane tipu, ada masalah dengan neteller dan payoneer ente yang di tolak PayPal, ditolak2 ndiri emosinya disini hahahaha, kalau ente mau lebih gagah telp aja ke PayPal, pendekatan yang baik ke PayPal (mediasi) atas masalah2 ente juga bisa lho bikin klir masalah ente….

      Yang lain, just trial n error saja, kemungkinan kedepan memang tidak ada yang tau…tapi yang jelas kalau buat funding resource di PayPal, neteller masih lancar saja. kalau ada info lain silakan dishare….saya sangat terbuka dengan informasi yang valid atau dengan pengalaman2 langsung teman2.

  5. rani says:

    Saya mau tanya donk Mas Oka. Kalau neteller itu dapat kartu fisik atau virtual saja ya?

    • Oka Mahendra says:

      Dapat fisik jika mb Rani request saja, ada biaya sekitar 13usd kalau tidak berubah. Ga rekues kartu fisik juga gpp, mb masih bisa memanfaatkan ewallet nya dan virtual card netellernya.

  6. deny says:

    gimana kalo agan bikin paypal baru terus verifi pake vcc neteller agan, biar update nih postingan

    • Oka Mahendra says:

      harapannya tiap saat ada yg kasih info disini mas, karena memang rule PayPal bisa berubah-ubah, nanti kalau setiap saat saya yg harus experiment bikin paypal baru bisa hamsong saya, banyak soalnya yang minta kaya yang mas minta. hehehe
      saran saya, baiknya praktek langsung mas, jangan takut gagall hehehe
      sukses yaaa….

    • Rudi says:

      masih bisa kok…. kemarin ane baru bikin neteller langsung verifikasi di Paypal. jangan lupa alamat musti sama ya antara yg di neteller sama di Paypalnya

  7. nuzzo says:

    Apakah ada yang mencoba Lelang Essistance untuk PayPal VCC ?

Leave a Reply